Selasa, 01 Juni 2010

USES AND GRATIFICATION THEORY

USES AND GRATIFICATION
(Elihu Katz, 1959)
1. Model Uses and Gratifications merupakan pergeseran fokus dari tujuan komunikator ke tujuan komunikan. Model ini menentukan fungsi komunikasi massa dalam melayani khalayak.
2. Model Uses and Gratifications menunjukkan bahwa yang menjadi permasalahan utama bukanlah bagaimana media mengubah sikap dan perilaku khalayak, tetapi bagaimana media memenuhi kebutuhan pribadi dan sosial khalayak
USES AND GRATIFICATIONS: memokuskan pada khalayak yang aktif, yang sengaja menggunakan media untuk mencapai tujuan khusus
GAGASAN UTAMA USES AND GRATIFICATIONS
1. Kondisi psikologis seseorang akan menyebabkan adanya…
2. Kebutuhan, yang menciptakan….
3. Harapan-harapan terhadap….
4. Media massa atau sumber-sumber lain, yang membawa kepada…
5. Perbedaan pola penggunaan media (atau keterlibatan dalam aktivitas lainnya) yang akhirnya akan menghasilkan…
6. Pemenuhan kebutuhan dan…
7. Konsekuensi lainnya, termasuk yang tidak diharapkan sebelumnya.

UNTUK LEBIH JELAS DAN LENGKAPNYA, SILAHKAN DOWNLOAD FILE PPT DI SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar